Kabar yang sangat baik Anda yang mempunyai tanaman hias jenis binahong ini, karena kini telah di temukan manfaat dari binahong selain untuk hiasan rumah. Ternyata binahong juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita lho, dan salah satunya khasiat daun binahong untuk penyakit jantung. Jikalau tidak percaya, mari kita simak penjelasannya di bawah ini. 

Binahong atau Bassela rubra linn merupakan salah satu jenis tanaman obat yang sangat berkhasiat dalam mengobati dan menyembuhkan penyakit, tanaman ini memiliki banyak khasiat baik untuk mengobati penyakit ringan ataupun penyakit kronis yang berat. Tanaman ini sendiri sebenarnya sudah terdapat di negara Indonesia sejak lama, namun penggunaannya sebagai tanaman obat baru-baru ini diketahui masyarakat kita. Daun binahong sendiri pasalnya berasal dari negeri Korea, masyarakat China sendiri sebenarnya mengenal daun binahong ini dengan sebutan Deng San Chiada. Bbanyak manfaat dari daun binahong bagi kesehatan yang bisa dimanfaatkan dengan baik untuk melawan berbagai macam penyakit, seperti Mencegah stroke. Mempercepat penyembuhan luka, Mencegah rematik, Membantu memulihkan stamina,Mencegah asam urat, Menyembuhkan penyakit kencing manis (diabetes), Melegakan sesak nafas ,Menstabilkan tekanan darah rendah, Menyembuhkan memar, Mengatasi pembengkakan darah, Menghaluskan kulit wajah, Menghilangkan flek-flek hitam, Mengecilkan pori-pori dan Mengobati thipus.

Tanaman berumbi rimpang dan menjalar ini telah dikenal memiliki manfaat penyembuhan yang luar biasa dan telah ribuan tahun dikonsumsi oleh bangsa Tiongkok, Korea, Taiwan dll. Di kawasan Asia Tenggara, tumbuhan ini merupakan konsumsi wajib penduduk Vietnam ketika melawan invansi Amerika. Di Indonesia sendiri sebenarnya tanaman ini banyak terdapat di daerah berhawa sejuk dan banyak digunakan sebagai tanaman penghias gapura (karena itu ada yang menamakannya gendola), namun masyarakat di Indonesia sepertinya tidak banyak yang tahu manfaatnya yang begitu banyak untuk kesehatan.

Daun binahong mengandung sejumlah serat pangan potensial, yang mana umbi binahong memiliki kadar Acid Detergent Fiber (ADF) sebesar 5.64%, lignin 0.95%, substansi pektat 51.46%, sellulosa 0.13%, hemisellulosa 30.05%, Neutral Detergent Fiber (NDF) sebesar 31.13% dan Total Dietary Fiber sebesar 82.59%, sedangkan hasil uji proximat menunjukkan kadar air sebesar 8,49%, lemak 4,64%, abu 5,63%, protein 14,88%, karbohidrat 66,36% dan serat kasar sebesar 18,17%. Oleh karenanya tanaman binahong dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, termasuk diabetes.

Bentuk dan ciri-ciri tanaman binahong, binahong (Anredera cordifolia) adalah tanaman yang berupa tumbuhan menjalar, panjangnya bisa mencapai lebih dari 10 m. Akar berbentuk rimpang, berdaging lunak. Batang lunak, silindris, saling membelit, berwarna kemerahan, bagian dalam solid, permukaan halus, jika tanaman sudah tua batangnya berubah berwarna putih kusam dan agak mengeras. Panjang batang dan cabang bisa mencapai 20-30 m dan diameter pangkal batang mencapai 3,5 cm pada tanaman umur 3 tahun, membentuk semacam umbi atau rimpang yang melekat di ketiak daun dengan bentuk tak beraturan dan bertekstur kasar. Daun keluar dari setiap buku pada batang, berdaun tunggal, bertangkai sangat pendek (subsessile), tersusun berseling, berwarna hijau, bentuk jantung (cordata), panjang daun antara 5-13 cm, lebar antara 3-10 cm, tebal daun 0,1 - 0,2 mm dan panjang tangkai daun antara 1-3 cm, helaian daun tipis lemas, ujung runcing, pangkal berlekuk (emerginatus), tepi rata, permukaan agak licin, bisa dimakan.

Dan apabila Anda sedang mencari pengobatan herbal untuk penyakit jantung, sebaiknya coba dulu meramu sendiri obat herbal dari daun binahong sebelum ke obat kimia. Karena obat herbal tidak akan menimbulkan efek samping yang berlebih, kalau ada pun itu reaksi dalam penyembuhan.

Berikut cara meramu binahong untuk penyakit jantung :

  • Sediakan 9 lembar daun binahong
  • kunir putih 3 umbi
  • daun pecah piring 7 lembar
  • direbus dengan air 3 gelas lalu diminum 3 kali bersama madu murni 1 sendok makan.

Selain untuk penyakit jantung, ternyata binahon juga ampuh untuk penyakit lainnya. Berikut penyakit yang mampu di sembuhkan dengan daun binahong dan cara meramunya :

  • Pembengkakan Liver , Resep: 10 lembar daun binahong direbus, setelah dingin, disaring, lalu diminum segera. Bisa ditambah dengan madu
  • Tumor, Resep: daun binahong 11 lembar, kunir putih 3 umbi, direbus dengan 3 gelas air. Diminum 3x sehari.
  • Kencing manis, Resep: daun binahong 10 lembar. Rebus hingga matang. Setelah dingin, lalu disaring dan diminum segera.
  • Radang Paru, Resep: daun binahong dimakan 3 lembar tiap malam, dikonsumsi selama 3-4 Minggu

Itulah beberapa khasiat dari daun binahong yang bisa kami tahu, sedikit dan kurangnya saya minta maaf. Dan harus kita ketahui, kesembuhan bukan karena obatnya, tapi karena kehendak Yang Maha Esa.

0 komentar:

Posting Komentar

Walatra Gamat kapsul

walatra gamat kapsul

Rp.305.000 / botol isi 100 kapsul

BPOM RI No. 15338529

Jelly Gamat QnC

obat herbal jelly gamat QNC

Rp. 155.000/Botol isi 300ml

BPOM RI No.TR 173301471

Rekening Pembayaran


Untuk Nomor rekening nanti di infokan

Konsultasi dan Pemesanan

kontak yunus

Sindanggalih. Jl. Noenoeng Tisna Saputra Rt 02/011 Kec. Tawang Kota Tasikmalaya Jawa Barat 46115

Popular Posts